The Legendary BOMBER

Minggu, 11 September 2016

Ulasan : DAC (Digital-to-Analog Converter) / Amplifier Creative Soundblaster E5

Hello,
Kali ini guah mau bikin ulasan tentang "maenan baru" yang baru dateng dari USA tanggal 6 September 2016 kemarin.

Maenan kali ini namanya Creative Soundblaster E5, untuk info produknya bisa dilihat dimarih .
Kenapa guah tertarik beli maenan ini dari USA? Karena banyak fiturnya dan sangat cocok dipasangin ke hape android guah ;)

Sebelum guah masuk lebih dalam lagi ke ulasan guah ini, tulisan ini guah buat untuk kaum audiophile yang levelnya udah advanced (mahir) bukan untuk kaum pemula karena memang bakalan bingung dengan istilah istilah audio yang akan digunakan nanti.

DAC/AMP Soundblaster E5 ini guah beli seken (iya seken, karena harga sekennya murah dan ini bukan pertama kali guah beli barang seken bagus dari gudang amazon usa) dimana kondisinya masih sangat mulus buanget.

Nah ini skrinsyut bukti transaksi waktu beli ni maenan :


Kalo dilihat dari harganya, jauh lebih baik beli DAC/AMP Fiio E18 Kunlun ataupun XDUOO XD-05, toh harganya ga beda jauh dan lebih gampang didapat di Indonesia, but no, guah pilih Soundblaster E5 karena distributor Creative di Indonesia udah lama cabut dan ga banyak orang yang tahu bahkan punya DAC AMP ini (saingan terberat kayanya Chord Mojo, harga lebih mahal, kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus, tapi fitur lebih sedikit dari E5 ).

Guah kirim barang ini ke temen guah yang kebetulan sudah lama tinggal di USA (kurleb udah 11 tahun doi tinggal di sono) dan minta tolong temen guah itu untuk kirim maenannya ke guah make jasa pos ems ameriki.

Maenan dikirim tanggal 8 Agustus 2016 sama temen guah dari ameriki, tapi guah baru nerima tanggal 6 September 2016 di Indonesia T.T Meski udah make layanan kilat (harusnya 10 hari kerja sampe di alamat guah) tetep aja nyampenya lama, tapi yah sudahlah, mungkin memang lagi rame barang masuk di bea cukai Soekarno Hatta ;)

Begitu maenan nyampe, langsung guah buka :


Isi paket dalam dus USPS :
1. Satu buah kabel usb yang lazim dipakai buat recas hape.
2. Satu buah kabel TOS-Link optical (bisa untuk konek E5 ke dac amp Chord Mojo).
3. Dua buah karet pengiket dengan tulisan Soundblaster
4. Satu lembar kertas garansi internasional.
5. Satu lembar kertas tentang produk Soundblaster E5.
6. Satu lembar kertas Petunjuk Singkat Menggunakan Soundblaster E5 (di sini ada nomer seri unit E5 nya )
7. dan satu unit Soundblaster E5 itu sendiri

Koq ga ada cd installernya? Ga perlu lah men, nama besar Creative pasti udah nyiapin app nya bwat kita donlot langsung daripada maksain ngirim cd installer, lalu pecah dalam perjalanan dan mengakibatkan 1001 masalah, mendingan gini deh ;)

So, gimana sih bentuk dari si E5 ini?
Yuuuk mareeeh ...........

Tampak depan :
Bisa dilihat ada tiga buah lubang, nah itu lubang microphone, jadi kita bisa ngomong sama lawan bicara kalo ada telpon masuk (ini dac/amp bisa dikoneksi make bluetooth looh, dimana chord mojo aja musti pake bantuan modul bluetooth receiver lagi)


Bagian sisi kiri E5 :
- Sebelah kiri itu port 3.5 mm, kalau punya microphone bisa dicolok ke sini, kalau mau make E5 sebagai amplifier, colok kabel aux dari headphone out ke port line in ini.
- Di sebelah port line in, ada port line out untuk kabel optical. Nah kalau mau jadiin E5 sebagai DAP dan mau make ampli Chord Mojo, colok kabel TOS Link dari E5 ke line in optical Chord Mojo.
- Lalu ada port usb untuk konek ke hape android lewat kabel usb OTG, Asiknya lagi, lu bisa make kabel usb yang biasa lu pake bwat recas hape untuk konek E5 ini ke hape android lu, jadi ga perlu beli kabel khusus lagi (tapi lu kudu beli app lagi di Google PlayStore, namanya USB Audio Player Pro, harganya 115 ribu perak apa yah ).
Port USB ini bahkan bisa untuk recas hape android lu, edian engga tuh ...
- Di sisi paling kanan ada port micro USB, port standard untuk recas (sama lah kaya powerbank pada umumnya) dan port ini yang digunakan untuk koneksi dari pc / laptop ke E5 (bukan port USB yang gede itu).



Tampak atas (ini sisi atasnya E5) :
- Paling kiri itu tombol on/off nya. Tekan selama satu detik untuk nyalain, tekan selama dua detik setelah nyala untuk masuk ke pairing mode, tekan dua kali untuk on/off fitur powerbanknya.
- Di sebelahnya adalah tombol SBX Pro. Ini tombol gilak banget, hetpon sekelas HD650 yang bassnya dirasa kurang oleh sebagian besar orang (tergantung genre musiknya) bisa ada bassnya loh kalo neken tombol ini.
- Di sebelahnya ada lagi tombol switch untuk Low Gain dan High Gain. Low Gain itu untuk irpon / hetpon dengan impedansi 16 hingga 120 ohm, High Gainnya untuk impedansi 120 ohm hingga 600 ohm. Guah udah test make hetpon Beyerdynamic DT880 Pro 600 ohm, naujubilah indah bener suara itu hetpon make dac/amp ini.
- Tiga lampu indikator itu adalah indikator level baterenya. Batere di E5 itu 3200 mah, jadi kalau lampu paling kanan udah mulai padam, berarti sisa baterenya sekitar 40 - 70%. Kalau tinggal satu lampu yang nyala, sisa batere di bawah 40% dari kapasitas maksimal.


Tampak kanan :
- Cuma ada satu kenop volume dan dua port 3.5mm untuk dua irpon / hetpon (mirip lah dengan Chord Mojo, heheheeh )


Bagian bawahnya ada karet dengan engraving Soundblaster, cucok untuk ditumpuk ke hape ;)

Okay, udah cukup unboxingnya, sekarang proses pairing ini dac amp ke hape siomay redmi note 2 guah.

Sebelum guah pair E5 ke hape guah, guah instal dulu appnya di Google PlayStore (gratis looh ) yang namanya Soundblaster Central.

Setelah app Soundblaster Central ter-instal, baru deh guah pair E5 ke hape siomay guah. Cukup simpel sih, pertama pastiin bluetooth sudah on di hape guah, lalu guah nyalain si E5 dari kondisi off. Setelah si E5 on, guah teken dua detik tombol powernya E5 untuk masuk ke modus pairing bluetooth. Kalau lampu powernya blinking putih-biru, artinya itu udah masuk modus siap dipair, guah buka hape siomay guah, cari Soundblaster E5 dan pasangkan ;)

Voila! E5 sudah terkoneksi dengan hape guah lewat bluetooth.

Nah trus kalo udah konek bijimana?
Yah tinggal setel aja pemutar lagu paporit lu, nanti suaranya keluar dari si E5 itu ;)
Berhubung guah mulai menghormati hasil karya musisi maka guah dengerin lagu lewat layanan striming (karena kuota 4G guah unlimited)

Sekarang kualitas suara DAC/AMP ini ......
Guah cuma bisa bilang, Sound Quality yang dihasilin sama maenan ini tergolong 11-12 sama dac amp Fiio E17k, Fiio E18 ... ada kolorasi bassnya, jadi kalo ente nyari dac amp yang netral, E5 bukan pilihan yang tepat, tapi Chord Mojo lah yang harus ente beli ;)

Dalam kondisi tanpa setingan micin (baca : Equalizer flat / off ), guah colok irpon Farreal 64 ohm, suara yang keluar ada "tambahan" bassnya, so irpon/hetpon yang midcentric (bassnya ala kadar aja, yang penting ada bass) kalo ketemu dac amp ini langsung berasa ada bassnya. Sektor mid dan treble pun juga meningkat.

Dan yang paling penting, GUAH TETEP BISA NERIMA TELPON meski lagi make dac/amp Soundblaster E5 ini ... dac/amp lain mana bisa kaya begini? ;)

Kelemahan DAC/AMP ini yang guah rasa itu adalah vocal sibilance nya, yeah sibilance ...
Kalo kata orang di head-fi.org sih, masalah ini bisa dihilangkan dengan mengaktifkan tombol SBX Pro, dimana kita bisa atur supaya tonal vocalnya jadi lebih baik ... Tapi ga semua orang bisa menikmati musik dengan SBX aktif ;)
Yang kedua itu dimensi si E5 yang bongsor........... Kalau selama ini guah bisa gantungin Fiio E6 di leher, kali ini untuk gantungin E5 di leher guah, guah perlu sarung hape ... tebel banget tumpukannya kalo hape - E5 - powerbank 5000 mah ditumpuk .. belum lagi hape siomay redmi2 non prime yang gw jadiin mifi T.T

Buat guah pribadi, dac/amp Soundblaster E5 ini emang bener bener klop buat dipair ke hape android, karena memang totally semua fiturnya worked best sama hape android (sama Iphone bisa juga sih, tapi berhubung guah ga punya iphone, jadi ga bisa ngrasain gimana rasanya, hehehe ).

Ini beberapa foto ketika E5 dipair ke hape android guah :









Naah, sekarang E5 dikonek ke laptop guah lewat kabel ...


Lewat bluetooth ...


Tampilan app Soundblaster Central di laptop guah (cuma bisa dibuka kalo konek lewat kabel usb ke laptop)




E5 kebaca sebagai media audio di laptop


Striming Spotify Premium dengan app Fidelify dan si E5 ini punya ASIO sendiri ;)


Soundblaster E5 ini pun bisa diajak striming dengan tidal hifi




Cuma app Spotify Premium doang yang ga bisa milih Soundblaster E5 sebagai audio processor nya T.T


Windows Media Player pun ngenalin Soundblaster E5





Nah ini waktu guah konek Chord Mojo ke Soundblaster E5 ...
Chord Mojo di sini berfungsi sebagai amplifier meski make kabel digital TOS Link, karena fungsi DAC nya udah diambil oleh si E5 ... suara yang keluar di hetpon HD280 pro guah bener bener bueda buanget ;)


Ngetest hetpon Sennheiser HD650 yang konon bassnya tipis ... tapi dipair ke E5, langsung bisa diajak dugem nih hetpon ;)







Overall, dac amp Creative Soundblaster E5 menawarkan banyak fitur melimpah dan disasar untuk mereka yang sering On-The-Go alias jejalan jalan mulu make hape android (atau iphone) dan untuk kaum musisi yang kerja di studio rekaman ;)
Memang dac amp ini kalah jauh kualitas suaranya dibanding Chord Mojo, tapi kalau ente sukanya dengerin musik dari hape, dac amp ini udah lebih dari cukup, broh ;)
Di antara 3 opsi .... Fiio E18 Kunlun, XDUOO XD-05 dan Soundblaster E5, guah sendiri udah milih Soundblaster E5 yang emang susah didapetin (ribet pulak) .... dengan harga total sekitar IDR 3.5juta (kalo lu beli baru di Creative Singapore lalu impor sendiri ke Indonesia ) lu udah punya dac amp serbaguna .... DAC - AMPLIFIER - POWERBANK - HANDSFREE BLUETOOTH ;)

Demikian lah kiranya ulasan guah ini tentang maenan baru guah ...

4 komentar:

  1. itu 3,5 jt kalo kita beli baru di singapore?caranya gimana gan kalo ngimpor sendiri dari singapore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli aja dari ebay.com
      Creative singapore setau gue sih cuma mau kirim ke alamat yang ada di singapore aja.
      Kalo beli dari ebay.com ada seller yang mau kirim ke alamat kita di indonesia ;)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang masih dipake gak gan? Kalau udah gak dipake dijual ke ana aja gan kalau boleh

    BalasHapus