Guide Craftsman to LEGENDARY BOMBER


Okelah, ini dia guide untuk leveling dan pemilihan skill untuk CRAFTSMAN versi Mamang James "BOMBER LEGEND"



























Base level 10 - 20:
Untuk base level segini, kalo bisa pilihan bale-nya selisih 3 level di atas karakter kita .. Status Crafrsman guah setelah level 10 :



STR 20 (5+15)
LUK 8 (5+3)
AGI 19 (5+14)

kenapa ada AGI? guah demen hunt solo, makanya akurasi yang jadi fokus utama, kan akurasi senjata craftsman di level-level bawah nilai akurasinya ancur-ancur (ada yang sampe minus 40, Gear Hammer en Bolt Hammer ) dan lagian, setiap kenaikan 1 AGI untuk Craftsman, menambah 1 poin akurasi dan setiap naik level, nilai akurasi craftsman naik 2 poin ... paling gede ini di kelas hitter, kalo ga percaya, coba ajah bikin craftsman sama warrior sampe base level 20, trus samain nilai AGI-nya, liat perbedaan nilai akurasi antara craftsman en warrior ..


dan pemilihan skillnya :


Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1

Nah sekarang nyari momon yang pas : 
- Afro Tree (hajar bale ini mulai dari lv10 sampai lv13 )
- Stiff Horse (hajar bale ini dari lv13 - lv15)

- Red Plumber (cuman buwat nyari palu Rascal Rabbit Hammer doang)
N.B.
Afro Tree dan Stiff Horse terletak di map yang sama, satu map di bawah Lime, posisinya ada di kanan bawah



Kalo udah base level 14, langsung ganti senjata make  R.Rabbit Hammer hasil drop dari Red Plumber. Itu senjata tanpa syarat status dan nilai akurasinya mayan damai, cuman minus 15 ..
Senjata dan armor yang ada, ga perlu ditempa sampe +3, karena armor cukup beli ajah dari NPC ampe base level 54. Untuk aksesori, disesuaikan dengan base level ajah, klo perlu ada opsi serangannya.

Skill Deadly Blow yang legenda itu, baru bisa diambil diambil di base level 11, karena harus nunggu skill Spirit of Craftsman diambil dulu kan?

Kalo udah dapet skill Deadly Blow, hajar terus momon make skill itu ... skill Deadly Blow menaikan akurasi kita sebanyak 50 poin ... mayan kan? Kalo penasaran dengan akurasinya, coba ajah gebuk Gloomy Humbug, ada berapa miss di sana? ^^


Setelah level 15, putar haluan ke arah kota Zaid, incar Happy Bah Bah (momon lv25) en Gloomy Humbug (momon lv32)



Base level 20-30:
Base level 20 kira-kira stat craftsman-nya begini 


STR 41
LUK 17
AGI 14

Dan skillnya


Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5 


Bertahan ajah di Gloomy Humbug ampe base level 25, tapi klo dah males, coba ajah maen ke area Crow en Travelling Cat in Boots

Palunya ganti dong make Toy Hammer, biar daya gedornya lebih dahsyat dan lagi, nilai akurasinya cuman minus 15, hehehe



Craftsman gw ajah bertahan ampe level 30 lawan Travelling Cat in Boots en Crow ^^


di level 30 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 53
LUK 19
AGI 30


udah siap bwat make armor Designer's Set di level 31

dan skillnya :

Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 1
(DS level 2 baru bisa diambil di level 40)


Base level 30-40:

Level 30 craftsman gw nekad hunt di Ujung Dunia, lawan Steel Golem (momon level 51), mayan laaaah ampe level 35 gebuk-gebuk make Ladle (hasil drop dari Papa Bear)

Level 35 gw maksa gebuk Knight of Darkness (momon level 60) di Ujung Dunia juga, pas level 38, gw ganti senjata make Screwdriver (hasil drop dari Steel Golem, mayan kaaan ^^ )


 

di level 40 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 71
LUK 25
AGI 36

udah siap bwat make armor Alchemist's Set di level 43

dan skillnya :

Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 2
(DS level 3 baru bisa diambil di level 50)
Area Destruction 1

Shock Treatment 1
Collect 1
Item Appraisal 2



Base level 40-50:
Base level 40-45 gw nyari grup di Danau Cross, lawan Saloa .. kalo ada cleric, mayan lah dapet tambahan akurasi, skill Deadly Blow-nya ga banyak miss .. 

But rekomen gw .. Samba Cactus .. krn itu bale level 52 dan dibasmi lebih mudah daripada 3 bale sebelumnya ^^

Level 45-50 towel aja tuh White Stiff Horse di Danau Cross (sebelahan ama area Saloa), klo make AGI, nilai missnya masih ada, tapi hit Deadly Blow yang kedua pasti selalu masuk ke White Stiff Horse ^^ 

Di level 49, ganti palunya dari Screwdriver ke Pipe Wrench (sumpah tahan bener guah make tuh Screwdriver), karena Pipe Wrench nilai akurasinya minus 15, masih lebih baik daripada Metal Hammer yang minus 25 ..

di level 50 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 87
LUK 31
AGI 44

udah siap bwat make armor Inventor's Set di level 54

dan skillnya :

Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 3 (DS level 4 baru bisa diambil di level 60)
Area Destruction 2
Shock Treatment 2
Collect 1

Item Appraisal 3

Base level 50-60:
Masih bertapa di Samba Cactus en Conceited Ostrich? Gapapa, bertapa disana sampai base level 55 juga masih waras koq ^^ Klo udah base level 55, coba permisi sama Sandy Windy .. Klo mo ngetes nyali, bole dicoba Meow-gician .. setidaknya sampai base level 60-an ..

Di level 58, ganti palu dari Pipe Wrench ke Wrench ... biar nilai akurasinya ga jatoh-jatoh amat ... tahan-tahanin dah make ini palu ampe level 71 (baru ganti ke Invisible Hammer)
Kalo dah ga tahan make Wrench, di level 59 pakelah palu Power Hammer, nilai akurasinya sama kek Wrench (sama-sama minus 15 tapi damage gedean Power Hammer)

di level 60 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 105
LUK 37
AGI 55

udah siap bwat make armor Expert's Set di level 66

dan skillnya :
Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 4 (DS level 4 baru bisa diambil di level 70)
Area Destruction 3
Shock Treatment 3
Collect 1
Item Appraisal 3
 




























Base level 60-70:
Waktu base level 60an .. gw dah make senjata2 berelemen buat gebuk2 bale .. dari base level 60-65 .. gw bercengkrama dengan Saloa sambil megang senjata elemen Logam .. dari base 65-70, gw kencan dengan Aleph sambil nenteng2 senjata elemen Tanah ..

Alternatif lain adalah keluarga Sucubus dan Incubus yang ada di Pulau Terlarang ..

di level 70 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 124
LUK 43
AGI 55


nilai akurasi craftsman kamu klo tanpa senjata udah sekitar 213, craftsman kalian bisa hunt di momon 10-12 level di atas craftsman kalian tanpa bantuan cleric, cukup make Deadly Smash-Deadly Blow-Demolition-Area Destruction

dan skillnya :

Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Hammer Combo 5
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 5
Area Destruction 5
Collect 1
Item Appraisal 3
Crush 1
Demolition 1


 

Base level 70-80:
Antara base level 70-75, gw getok2 Gun dengan senjata elemen Air, ato ke Sucubus dan Incubus di Hutan Herkaus dengan senjata elemen Cahaya .. Alternatif lain .. Sergeant Scorpy dan [Violent] Sandy Windy di Pulau Terlarang .. asal bawa senjata elemen

Kayu buat gebuk si Sandy Windy ^^

jangan lupa ganti palu ke Invisible Hammer kalo udah level 71 ...

Base level 75-80 .. Warrior Kinbara gw toel-toel dengan senjata elemen Api (gw dah make Might Hammer elemen Api di sono ^^ )
Alternatif lain .. [Mutated] Aleph or Snow Princess (gw prefer [Mutated] Aleph .. satu area sama bale2 sebelumnya kan? ^^ ), guah udah make Nixie's Scythe di level 76























di level 80 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 142
LUK 45
AGI 70

udah bisa make armor Architect's Set di level 82 tuh

dan skillnya :

Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 5
Area Destruction 5
Collect 1
Item Appraisal 4
Crush 3
Demolition 2


Base level 80-90:
Antara 80-85 .. cobain Solar, bawa senjata Steel Anchor elemen Logam yah ^^ Alternatif lainnya .. Abuca di Gua Pulau Terlarang sambil bawa senjata elemen Kayu .. tapi diliat dari HP dan Defense antara Solar dan Abuca .. Solar lebih mudah di-kill dari Abuca, meskipun Mana Flare-nya menjengkelkan ^^
Waktu base level segini .. gw maksa hunt di Platinum Plumber .. yg notabene gak pernah sepi dan selalu jadi korban char lain ..

Base level 85-90, silahkan uji nyali dengan Scissors Beetle atopun dengan [Broken] Railor .. asalkan senjatanya pas (Evil Eye Hammer hasil drop dari Aleph di goa Aleph) dan kali ini .. faktor Pet juga ikut mempengaruhi (Pet juga ikut menentukan kekuatan serang kita bukan? ^^ )

di level 90 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 172
LUK 45
AGI 70


dan skillnya :

Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 5
Area Destruction 5
Collect 1
Item Appraisal 5
Crush 5
Demolition 3


 

Base level 90-100:
Bah, base level 90-95, segini nanggung bener .. mo lawan TNT Skullo .. damage dari tuh bale gede bener .. kalo maksain .. boros healing potion .. Dilihat dari faktor HP dan Defense dari bale-nya .. [Broken] Railor paling memenuhi kriteria .. Klo masih penasaran, tancepin ajah lawan Perverted Humbug en TNT Skullo .. rebutan sama orang dah .. gw sih prefer hunt yang sepi, level bale di bawah kita gak masalah .. toh itungan exp per jam-nya lebih baik dari bale yang selevel dengan kita tapi kudu berebut .. dan masih ada Istana Laut Biru

Base level 95-100 keknya masih doyan di Gua Aleph, ato klo mo cari suasana baru .. Rayshark the 3rd or Giant Octopus di Hilir Sungai Glasis .. Palunya udah make palu yang buat level 99 (palu apa namanya tuh, lupa guah). Kemungkinan besar malah masih pada di [Broken] Railor or Istana Laut Biru ampe level 100++ ..

di level 100 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 192
LUK 55
AGI 70


dan skillnya :
Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 5
Area Destruction 5
Collect 1
Item Appraisal 5
Crush 5
Demolition 5


 

Base level 100-110:
Yaaaah, bertapa di [Broken] Railor, Perverted Humbug, Rayshark the 3rd, TNT Skullo, Giant Octopus or Ghost Midnight masih waras koq, udah make palu Dean's Hammer di level 101 kan? eh iya lupa guah, kan ada area 7 Dimensi ... maen-maen ajah ke sana

Di level 105 klo punya Skeleton Hammer, pake aja .. cobain gebuk Marionette en Wolfman Beyond yang ada di Kuburan .. klo masih ga kuat, bertapa ajah di Dimensi Tanah, gebuk-gebuk Stormy en Queen Bee ..

di level 110 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 217
LUK 55
AGI 70


dan skillnya :
Sleep 1
Party 1
Emoticon 1
Bank 1
Spirit of Craftsman 1
Deadly Blow 5
Deadly Smash 5
Area Destruction 5
Collect 1
Item Appraisal 5
Crush 5

Demolition 5


Base level 110-120:
Seinget guah, lepel segini hunt di Kuburan Lantai 1, gebuk-gebuk Legion-Macho Zombie. Setelah LUK udah 73 dan AGI 75, guah fokus naikin STR terus .. soalnya syarat LUCK 73 untuk make armor Artisan's Set di level 138, masih jauh boooooooo ... suwer enak deh maenin craftsman klo akurasinya gede ... bisa gebuk momon 10-12 level di atas  craftsman kita

di level 120 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 252
LUK 55
AGI 70



 
Base level 120-130:
Di level 128, pas bisa make palu Sandriel Hammer, guah masih bertapa di Kuburan Lantai 1, kadang hunt lawan Marionette en Wolfman Beyond .. lah damage guah kecil, jadi yah tabah lah maen ni craftsman T.T









Base level 


























di level 130 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 264
LUK 73
AGI 70

udah siap make armor Artisan set di level 138 tuh ^^



level 130-150:
Nah ini dia yang tabah .... dari level 130an, dengan armor Master's Set +6 rata, nenteng 7 palu Sandriel Hammer berelemen .. guah cuman hunt di area Dataran Merah Timur-Barat ... di DMT grup sama cleric gebuk Pedron ato ga Kinbara ...di DMB guah gebuk Pumped Zombie .... tanpa cleric pun, craftsman guah masih bisa hunt di area DMB, tapi klo mo nyari aman sih ... mending Marionette or Wolfman Beyond ...





di level 140 craftsman kamu udah punya stat seperti ini :

STR 294
LUK 73
AGI 70



Tahan-tahanin dah hunt make armor Artisan set, tapi klo ada modal, bolehlah beli armor Senator TBS (yang H jarang banget yang jual di Cladea), cuma naekin LUCK ampe 79 ampe level 150 ^^ 


Pas level 150, guah langsung ubah job jadi Bomber, ditemenin ama priest temen guah waktu guah masih di guild NOIR (Cladea).

Setelah jadi bomber, stat guah berubah :

VIT 50
AGI 75
STR 325


tanpa make LUCK, karena guah sempet beli armor Artisan .G satu set. Lagian armor Bomber's Set syaratnya cuman STR doang, enak banget kan tuh?

Setelah jadi Bomber, skill yang guah naekin Ultimate Shock (lv150) - Demolish (lv150) - Shatter Armor (lv160) - Time Bomb (lv170) - Coup de Grace (lv180) dan area hunt guah cuman di Goa Kematian (klo di Cladea mah, kudu antri .. selama 3 minggu berturut-turut guah bangun pagi jam 4 cuman bwat OL-in bomber guah, daftar WL di ujung Goa Kematian dan nyampe deh level 180 T.T )

dan guah juga ketemu bomber-bomber laen selepas patch Alcanez Dungeon .. beberapa bulan lalu, job bomber terbilang sangat langka, bomber yang guah kenalpun cuman si Muroka (sekarang udah pensiun) .. sekarang mah udah bejibun tuh job bomber ..

di lepel 190, bomber guah bisa hunt solo lawan kumbang di map Sikara (tanpa bantuan priest, karena akurasi guah udah 460)
dan guah jamin, ga ada satupun pukulan bomber lo yang miss ke kumbang selama AGI lo 75 .. lawan tuyul di Goa Kematian pun tanpa miss ... asik kaaaaan maen bomber ^^



Selama maen Bomber, area hunt makin sempit .. klo ga di Poibus Utara-Selatan, lembah Sikara, ato Goa Kematian .. tapi favorit guah sih di  DMT, gebuk-gebuk Sandra (lah level Bomber guah masih 190)





Semoga guide guah ini membantu para craftsman junior dalam meniti karir di dunia Shiltz .. dan klo ada yang salah ato kurang, mohon dikoreksi ..


Regards,
- Tommy -

Greenhorn[Bomber]Kr15tian
server Clairebaldea, since 2007
guild Gimmieakiss


6 komentar:

  1. kaka di Server Arus yo.0 ?
    Klu aku Di Arus kk Nick Name Aku : Lowandy006
    kk Aku Mau Beli Baju Craf Satu Set Lv.100 San
    Klau Ada +6 kk Tp Gak Usah Mi G,DG,Atau XG...
    kk Add Aku: o.chandra@rocketmail.com

    BalasHapus
  2. engga dd ....
    aye ada di server Clairebaldea ^^
    baju craftsman yang set Master yah .. wah, nanti dicari dulu, kayanya masih nyimpen, tapi ga komplit ..

    BalasHapus
  3. kk saya lvl 92
    truss stat kyk sperti ini
    str 172 an
    luk 83
    vit 23
    apa salah kak ??
    tolong minta koreksi nya donk
    thanks
    rookie(craftsman)kanjutnatarang

    BalasHapus
  4. @hariez_cupid

    maaf baru bales, lagi sibuk sama kerjaan di kantor nih ^^

    stat kamu sih engga salah ... kalo kamu nyaman dengan kondisi itu, ya sudah .... paling kalo hunt selalu sama cleric ^^

    yang agak aneh, kamu udah punya VIT 23 di level di bawah 100 ^^ ya sudah kalo enjoy dengan kondisi begitu, kenapa tidak .....

    kalo yang kamu rasa pas hunt gimana? bunuh momonnnya lelet? ato selalu kena gebuk momon?

    kalo stat craftsman kamu STR-AGI, mungkin isa lebih damai huntnya .... tapi armornya harus make yang katalis ^^

    BalasHapus
  5. kak mau nanya, kalo stat bomber level 203 masih leveling tapi enak buat GWH juga itu gimana ya, sekarang str 440 agi 88 vit 98

    BalasHapus
  6. kk mau nanya ..Bomber lv 251 stat STR 565...LUK100...AGI100..VIT 100

    BalasHapus