Kali ini gue mau berbagi kisah bijimana ngurus kepindahan gue-istri-anak dari propinsi Banten ke propinsi DKI Jakarta.
Udah lama gue mau pindah dari Tangerang Selatan, Banten ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan ... cuma baru terealisasi sekarang. Proses pengurusan keluar dari wilayah Banten ini gue lakuin sendiri, jadi gue tau bener lah prosesnya bagaimana.
Prosedur pindah domisili antar propinsi ini berlaku sama di semua propinsi di wilayah Republik Indonesia (dan sesuai peraturan yang berlaku).
Bermodal Kartu Keluarga asli, e-KTP gue asli, KTP lama bini asli dan fotokopi akta kelahiran anak gue (soalnya yang mau pindah domisili itu gue - bini gue en anak gue ), gue datangi ke rumah ketua RT domisili sesuai dengan Kartu Keluarga gue.
1. Minta Surat Pengantar Pindah Domisili Keluar ke Ketua RT sesuai domisili di Kartu Keluarga kita.
07.30 WIB gue jalan kaki dari rumah ortu gue di Kampung Utan, Ciputat ke rumah Pak RT.
Rumah Pak RT sih ga jauh dari rumah ortu gue (ya eyalah, namanya juga Rukun Tetangga) dan kebetulan gue ketemu langsung Pak RT yang lagi nekukin kartu undangan pernikahan (doi punya usaha percetakan).
Gue sapa Pak RT lalu gue utarakan niat gue untuk pindah domisili dari Tangerang Selatan ke Jakarta Selatan. Doi nanya Kartu Keluarga gue dan KTP gue en bini gue, ga pake lama gue serahin lah itu KK en dua KTP.
Lalu doi cek en masuk ke dalem rumah untuk ngambil Surat Pengantar Pindah dan mengisinya seperti ini :
Pastiin kita udah tahu mau pindah ke alamat mana. Apakah numpang Kartu Keluarga orang atau bikin Kartu Keluarga sendiri. Di sini gue pindah ke apartemen di area Jakarta Selatan, jadinya gue bakalan bikin Kartu Keluarga baru di daerah tujuan.
Si Pak RT ini tak lupa mencatat nomor surat pengantar ini sebagai bukti bahwa ada salah satu warganya yang bakalan "menghilang" dari peredaran dan tidak tercatat secara administratif di areanya.
Praktis gue di rumah Pak RT ini cuma 20 menit doang.
2. Minta tanda tangan Ketua RW di Surat Pengantar Pindah Domisili Keluar.
Setelah dari rumah Pak Ketua RT, gue ngacir ke rumah ketua RW sesuai domisili Kartu Keluarga gue. Rumah Pak Ketua RW sih ga jauh juga dari rumah ortu gue, jalan kaki 5 menit juga sampe sih.
Gue ketok ketok pintu rumahnya dan keluarlah Pak Ketua RW yang sudah sangat berumur tapi masih bisa jalan dengan kedua kakinya.
Gue jelasin maksud kedatangan gue sambil menyerahkan KK, KTP dan Surat Pengantar Pindah yang sudah ditandatangani oleh Pak Ketua RT.
Pak Ketua RW ngambil buku catatannya dan mencatat nomer surat pengantar pindah keluar sebagai rekaman data, lalu menstempel plus menandatangani Surat Pengantar Pindah Keluar tadi.
Lalu Pak Ketua RW memberitahu, bahwa setelah ini gue musti ke kantor kelurahan, yang jaraknya sekitar 20 menit bolak balik naek motor matic pinjeman dari rumah ortu gue.
Waktu yang gue abisin di rumah Pak Ketua RT sekitar 20 menit juga sih.
3. Menuju Kantor Lurah sesuai domisili Kartu Keluarga.
Setelah dari rumah Pak RW, gue balik ke rumah ortu gue untuk minjem motor matic adek gue.
Gue mau ke Kantor Lurah yang sekelepetan doang ituh.
Sekitar pukul 8.55 WIB gue sampe di Kantor Lurah, tapi apesnya Pak Lurah nya lagi apel pagi di Kantor Camat yang jaraknya 20 menit naek motor bolak balik dari Kantor Lurah.
Jadi gue ketemu sama petugas front desk di Kantor Lurah dan gue utarain maksud kedatangan gue untuk pindah domisili keluar.
Petugas di Kantor Lurah yang gue temui itu, ngasih formulir F.1-33 dan F.1-34 untuk gue isi. Berhubung udah jam 9.00 WIB dan hari itu hari Jumat, maka gue tanya ke petugas kelurahan, apakah formulirnya boleh gue bawa pulang untuk gue isi. Ternyata boleh dibawa pulang, ya udin gue pulang lah ke rumah dan ngacir ke rumah ortu untuk balikin motor en lanjut ke tempat gue nyari makan di kawasan Serpong.
Blanko formulir F.1-33
Blanko formulir F.1-34
4. Kembali ke Kantor Lurah pada tanggal 11 Juli 2017.
Hari Selasa, 11 Juli 2017, 10.30 WIB, gue ngacir dari kantor gue di bilangan Serpong make motor pinjeman ke kantor kelurahan yang jaraknya 16.6 km (sekitar 50 menit sekali jalan) sambil bawa dokumen KK, KTP, fotokopi Akta Kelahiran anak, Surat Pengantar Pindah dari RT-RW, formulir F.1-33 en 34 yang udah diisi.
Sampe di Kantor Lurah jam 11.45 WIB, langsung gue parkir motor en ke front desk sambil bawa dokumen tadi.
Petugas yang gue temuin sangat kooperatif. Doi ngecek tiap dokumen gue, lalu setelah semuanya ga ada masalah, doi bawa dokumen gue ke pihak yang akan menandatangani formulir F.1-33 dan 34 tadi.
Setelah formulir F.1-33 dan 34 ditandatangani, si petugas menyerahkan kembali semua dokumen gue sambil memberitahu bahwa harus ada salinan dokumen sebanyak satu bundle yang mesti disimpen di Kantor Kelurahan.
Ya udin, gue ke tempat fotokopi en gue fotokopi semua berkas gue, lalu gue serahkan satu bundle kopiannya ke petugas kelurahan tadi.
Selesai urusan di Kantor Lurah, gue ngacir pulang ke rumah ortu gue, soalnya udah mau jam 12.00 WIB. Semua instansi pemerintah istirahat dari jam 12.00 sampe 13.00 WIB (kecuali bagian imigrasi kayanya, lupa gue ).
5. Menuju Kantor Camat.
Jam 13.10 WIB gue ngacir ke Kantor Camat deket rumah ortu gue, sambil bawa berkas dari kantor lurah naek motor pinjeman dari temen kerja.
Setibanya di Front Desk Kantor Camat, gue langsung ngomong ke petugas Front Desk, lalu menyerahkan berkas gue.
Menurut petugas Front Desk di Kantor Camat, Pak Camatnya sedang dinas keluar, jadi berkas gue ditinggal saja dan gue diberi tanda terima bahwa berkas sudah diterima oleh Kantor Kecamatan.
Gue diminta balik lagi keesokan harinya.
Ya udin, balik lah gue ke Serpong buat kerja.
6. Kembali ke Kantor Camat, bagian Pertama.
Rabu, 12 Juli 2017 13.30 WIB, gue tiba di Kantor Camat.
Gue langsung ke Front Desk dan ngasih bukti tanda terima berkas gue ke petugas Front Desk.
Si petugas Front Desk lalu ngambil berkas gue en ngasih tahu bahwa KTP bini gue itu belum KTP elektronik alias e-KTP dan itu harus dianggap tidak berlaku lagi.
Si petugas Front Desk lalu ngasih Surat Pernyataan bahwa KTP bini gue itu sudah tidak berlaku, ditandatangani atas nama istri gue (karena ga mungkin juga bini gue meluncur dari Pasar Minggu, Jaksel ke Ciputat, Tangsel pada saat itu).
Lalu gue isilah Surat Pernyataan tadi, gue bubuhi meterai Rp. 6.000 (beli dadakan di tukang fotokopi deket kantor camat) dan gue tandatangani itu Surat Pernyataan bahwa KTP bini gue sudah habis masa berlakunya.
Setelah selesai nulis Surat Pernyataan tadi, gue serahin ke petugas Front Desk dan doi bilang besok pagi berkas gue kelar ditandatangani semua.
Kembali si petugas itu ngasih tanda terima berkas gue dan gue diminta dateng pagi, sekitar 8.30 WIB lah.
Ya udin, kelar urusan gue hari itu en gue kembali ke Serpong.
7. Kembali ke Kantor Camat, bagian Kedua.
Kamis, 13 Juli 2017 08.30 WIB gue sampe di Kantor Camat. Kali ini gue berangkat naek kereta dari Pasar Minggu en turun di salah satu stasiun di area Tangerang Selatan, hehe.
Gue langsung ke Front Desk en ngasih bukti tanda terima kemarin, lalu si petugas mencari berkas gue sambil mempersilahkan gue nunggu di bangku tunggu.
Ga sampe 5 menit gue duduk, nama bini gue dipanggil dan gue maju ke Front Desk.
Di Front Desk gue liat ada formulir F.1-35 dan F.1-36 yang sudah dibantu diisi oleh orang kecamatan dan sudah dicap plus ditandatangani oleh Pak Camat.
Formulir F.1-35
Formulir F.1-36
Tak lupa ada juga Surat Pengantar yang dibuat berdasar Surat Pernyataan KTP Habis Masa Berlakunya.
Surat Pernyataan KTP Habis Masa Berlaku
Surat Keterangan Kecamatan berdasar Surat Pernyataan KTP Habis Masa Berlaku
Setelah petugas Front Desk selesai mengecek kelengkapan berkas gue, doi ngasih tahu gue bahwa perlu ada salinan di kantor kecamatan sebanyak satu bundle.
Ya udin, gue ke tempat fotokopi deket kantor camat untuk motokopi berkas berkas gue.
Balik ke Front Desk, gue serahin salinan berkas gue ke petugas Front Desk, lalu si petugas Front Desk ngasih tahu lagi, kalo gue mesti ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Serpong (sekitar 15 menit naek motor dari Taman Tekno, Serpong).
Kelar urusan gue di kantor camat, gue balik ke Serpong lagi.
8. Menuju Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tangerang Selatan, bagian Pertama.
Sampe di Taman Tekno, Serpong, gue ngerjain kerjaan gue bentar lalu jam 11.00 WIB gue ngacir ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tangerang Selatan di Serpong naek motor pinjeman temen kerja, hehe.
Sampe di Kantor Disdukcapil Tangsel (susah gue ketiknya panjang), gue ke Front Desk nya dulu, nanya bagian yang ngurus kepindahan keluar sebelah mana.
Ternyata gue disodorin blanko formulir pengecekan kelengkapan dokumen gue sama petugas Front Desk (posisinya di pintu masuk kantor Disdukcapil Tangsel). Si petugas Front Desk nanya berkas gue, lalu gue serahin berkas gue dan doi ngecekin satu persatu dokumen gue, mulai dari KK, KTP, fotokopi akta lahir anak, surat pengantar rt-rw sampe surat dari kecamatan.
Setelah doi selesai ngecek berkas gue, doi ngarahin gue ke tempat ambil nomer antrian untuk ngurus berkas gue di salah satu loket yang ada di kantor Disdukcapil Tangsel (ada 8 loket di kantor Disdukcapil Tangsel).
Jangan kuatir, di tempat ambil nomer antrian ada petugasnya koq. Tinggal bilang aja "mau urus surat pindah keluar propinsi", nanti petugasnya milihin loket yang sesuai dengan kebutuhan elu dan ngasih nomer antriannya.
Gue dapet nomer D-227 dimana saat itu antrian baru D-169 (antara loket 4 atau loket 6).
Daripada gue karatan di kantor Disdukcapil Tangsel, gue balik lah ke tempat gue kerja di Taman Tekno, Serpong, sambil bawa berkas asli gue en nomer antrian tadi.
9. Menuju Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tangerang Selatan, bagian Kedua.
Kamis, 13 Juli 2017, 14.30 WIB, gue ngacir lagi ke kantor Disdukcapil Tangsel untuk ngantri dan ternyata antriannya udah kelar, udah berhenti di nomer D-243.
Gue nanya lah ke petugas loket yang lagi bebas (petugas di Front Desk deket pintu masuk masih ada, cuma yang ngantri udah ga banyak) apakah gue masih bisa urus berkas gue.
Dan ternyata masih bisa, gue dibantu petugas loket lain yang sedang bebas.
Petugas loket ini meminta semua berkas gue, lalu memasukkan data gue dan keluarga gue ke komputernya.
Sebelum data gue dan keluarga gue ditransfer ke Disdukcapil Jaksel, si petugas loket memastikan kembali nama gue dan alamat tujuan gue di Jakarta Selatan.
Setelah data gue dan alamat tujuan gue sudah diverifikasi, doi ngasih dua blanko formulir yang isinya menyatakan bahwa KTP Tangsel gue dan bini gue udah ga berlaku lagi.
Tapi untungnya fotokopian KTP Tangsel gue en bini gue bejibun, jadi aman lah selama belum punya KTP elektronik Jakarta, hehehe.
Gue isi lah dua blanko formulir itu lalu gue serahin ke petugas loket tadi.
Lalu si petugas loket memberikan secarik kertas yang memberitahukan bahwa 5 hari kerja setelah hari ini, gue musti balik ke sana untuk ambil Surat Keterangan Pindah dari kantor Disdukcapil Tangerang.
10. Kembali ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tangerang Selatan
Serpong, Senin 17 Juli 2017 13.00 WIB, gue ke Kantor Disdukpil Tangsel untuk ambil dokumen gue.
Kali ini gue langsung ke LOKET A dan di sana gue kasih surat tanda terima dokumen ke petugas jaga di loket A tadi.
Proses pencarian dokumen gue ga berlangsung lama dan gue langsung diberikan segepok kertas yang isinya menerangkan bahwa gue, bini gue dan anak gue sudah tidak berdomisili di Tangerang Selatan, dan segepok kertas tadi digunakan untuk mengurus dokumen di propinsi tujuan (Jakarta Selatan). Masa berlaku Surat Pindah ini 30 hari sejak diterbitkan, yang artinya pada tanggal 17 Agustus 2017, Surat Pindah ini tidak berlaku lagi (hiiiyy ).
Oh iya, di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tangerang Selatan ini gue ga dipungut biaya apapun (selain biaya parkir, fotokopi sama beli minuman dingin), alias gratis tis *jempol
Sekelumit Kisah di Daerah Tujuan
Pasar Minggu, Senin 7 Agustus 2017 (10 hari sebelum masa berlaku Surat Pindah habis)
Gue kontak agen perantara yang ngasih sewa unit di apartemen gue untuk surat kontrak sewa unit apartemen, gue bikin janji ketemuan hari Sabtu, 12 Agustus 2017 dan akhirnya hari minggu sore (13 Agustus 2017) gue baru terima surat kontrak sewa unit apartemennya.
1. Surat Keterangan Tinggal di Apartemen
Senin, 14 Agustus 2017 08.00 WIB, gue minta tolong bini gue untuk ngurus Surat Keterangan Tinggal di Apartemen/Rusun.
Persyaratan untuk bisa bikin Surat Keterangan Tinggal di Apartemen/Rusun :
1. Surat Permohonan ditujukan ke pihak pengelola apartemen, ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000.
2. Fotokopi Surat Kontrak Sewa-Menyewa Unit Apartemen.
3. Satu bundel fotokopi Surat Keterangan Pindah Domisili dari Tangerang Selatan.
4. Satu lembar fotokopi Kartu Keluarga (KK terakhir yang Tangsel).
5. Satu lembar fotokopi KTP gue, bini gue dan akte lahir anak gue.
6. Mengisi Formulir Penghuni Apartemen/Rusun.
Setelah semua syarat terpenuhi, bini gue nyerahin semua dokumen itu ke resepsionis di salah satu Tower dan diberitahu bahwa Surat Keterangan Tinggal di Apartemen baru bisa diambil pukul 15.00 WIB.
Pukul 16.00 WIB bini gue ke resepsionis tadi dan ambil Surat Keterangan Tinggal di Apartemen yang sudah ditandatangani oleh Manager dari pihak pengelola apartemen.
Si mbak resepsionis ngasih tau ke bini gue, kalo untuk urusan bikin Surat Pengantar RT - RW hubungi satpam yang emang udah spesialis ngurus kaya gini, yah keluar 'uang lelah' Rp 100.000 sih ... tapi gapapa lah ... itung itung ngasih rejeki ke orang lain.
Untuk pembuatan Surat Pengantar dari RT - RW setempat ini, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan :
1. Fotokopi Surat Keterangan Tinggal di Apartemen.
2. Fotokopi Surat Pindah Domisili dari Tangsel.
2. Surat Pengantar dari RT - RW setempat
Selasa, 15 Agustus 2017 08.00 WIB
Surat Pengantar RT - RW yang udah ditanda tangani Pak RT dan Pak RW dititipin ke resepsionis. Bini gue tinggal ambil Surat Pengantar lalu menuju ke Kantor Kelurahan dimana gue tinggal sekarang.
Sesampenya di Kantor Kelurahan, ternyata ada beberapa dokumen yang belum lengkap, jadi dokumen yang udah dibawa sama bini gue, dibawa pulang lagi.
Dokumen yang musti disiapin untuk ke Kantor Kelurahan :
1. Formulir F.1-38
2. Surat Pengantar dari RT - RW setempat.
3. Surat Pernyataan Jaminan Tempat Tinggal (tetangga dekat kita, satu kelurahan, ditanda tangani di atas meterai Rp. 6.000 oleh si penjamin tadi ).
4. Fotokopi KTP Penjamin Tempat Tinggal.
5. Fotokopi KK Penjamin Tempat Tinggal.
6. Surat Keterangan Tinggal di Apartemen.
7. Surat Pindah Domisili Asal.
8. Fotokopi ijazah terakhir gue, bini gue.
9. Fotokopi akta kelahiran gue, bini gue dan anak gue.
Lalu poin 1 hingga 9 dibuat rangkap 3 (tiga), dua rangkap nantinya ditinggal di kantor kelurahan, satu rangkap lagi disimpan oleh kita.
Poin 3 sampe poin 5 itu lumayan berat menurut gue, untungnya bini gue punya kenalan emak emak di TK anak kita, jadi dengan sedikit 'rayuan' akhirnya dapet lah persyaratan poin 3 sampe 5.
3. Menuju Kantor Kelurahan (lagi)
Rabu, 16 Agustus 2017 08.00 WIB
Gue ngabarin HRD kantor gue kalo gue dateng telat untuk ngurus surat pindah ini.
Temen bini gue baru bisa ngasih fotokopi KTP dan KK nya pukul 09.00 WIB di deket rumah, alhasil setelah dapet tanda tangan si penjamin, fotokopi KTP dan KK nya, gue langsung ke tempat fotokopi terdekat untuk motokopi.
Oh iya, kalau misalnya udah menikah dan ternyata belum pernah bikin akte lahir, diminta untuk buat Surat Pernyataan belum pernah buat Akte Lahir, yang ditanda tangani di atas meterai Rp. 6.000 sebagai pengganti fotokopi Akte Lahir.
10.15 WIB gue sampe di Kantor Kelurahan, lalu ambil nomer antrian dan ga lama langsung dipanggil nomer antrian gue.
Gue serahin 3 (tiga) rangkap dokumen yang diminta ke petugas yang nerima gue, lalu doi ngecek dokumen asli satu per satu.
Salah satu rangkap dari dokumen kopian diambil oleh petugas tadi dan satu rangkap dokumen kopian dibalikin ke gue (total ada tiga rangkap kan? satu rangkap dokumen aseli dan dua rangkap dokumen kopian).
Si petugas tadi nulis di salah satu halaman dokumen kopian yang ada di gue, supaya gue kembali lagi ke Kantor Kelurahan tanggal 19 September 2017 (30 hari dari hari ini).
Kenapa 30 hari? Karena pihak kelurahan domisili gue sekarang perlu entry data dan sinkronisasi dengan kantor disduk tangsel.
Kalau mau revisi tanggal lahir (tanggal lahir bini gue dibuat tua setahun supaya bisa masuk sekolah ), bisa dilakukan ketika gue / bini gue kembali lagi ke Kantor Kelurahan domisili sekarang untuk kroscek data dan ambil dokumen untuk lanjut ke Kantor Kecamatan.
Di Kantor Kelurahan ini gue engga dipungut biaya apapun (kecuali biaya naek ojek onlen, hehe).
Ga sampe 10 menit gue di Kantor Kelurahan lalu gue cabs ke stasiun kereta terdekat untuk mengais rejeki ;)
4. Kembali ke Kantor Kelurahan domisili sekarang
Pasar Minggu, Selasa, 19 September 2017, 09.00 WIB
Dengan bermodalkan motor matic pinjeman dari adek gue di Ciputat, sampailah gue di kantor kelurahan domisili sekarang.
Gue bawa tuh satu bundelan berkas dengan halaman depan catatan petugas kelurahan yang menerangkan tanggal berapa gue musti balik ke sini lagi :
Gue ambil nomer antrian di bagian resepsionis kelurahan, lalu duduk di kursi yang disediakan dan nunggu nomor antrian gue dipanggil.
Enaknya dateng pagi itu, yang ngantri belom banyak, jadi nomor antrian gue cepet dipanggil.
Tibalah saatnya nomer antrian gue dipanggil, gue maju ke meja pengurusan dokumen (ada dua petugas kelurahan, dua-duanya emak-emak dan sangat kooperatif banget).
Gue kasih tau tujuan kedatangan gue untuk ambil Kartu Keluarga sebagai warga Pindah Datang.
Gue serahin tuh bundelan berkas gue ke petugas kelurahan, lalu si petugas nanya, "istrinya ga diajak Pak? Istrinya diperlukan juga untuk klarifikasi data nanti". Jreng ...
Lalu si petugas bilang lagi, "ya udah Pak, silahkan tunggu, nanti kalau dipanggil nama Bapak, silahkan masuk ke ruangan di dalam sana yah, Pak".
Lalu gue kembali duduk ke kursi antrean (berkas gue udah gue serahin ke emak petugas) en nelpon bini gue untuk dateng ke kantor kelurahan segera (untungnya anak gue lagi ga sekolah, alias emaknya lagi males nganterin, hehehe).
Sembari nunggu bini en anak gue dateng di kantor kelurahan, eh nama gue dipanggil, lalu gue masuk ke ruangan yang dimaksud.
Di dalam ruangan itu, semua data gue dicek ulang, apakah sudah sesuai .. dan ternyata ejaan nama gue dan tanggal lahir bini gue itu salah, ga sesuai dengan akte kelahiran gue en keterangan di ijazah bini gue.
Lalu petugas di dalem ruangan itu nanya ke gue, apa mau dibetulkan dulu datanya, tapi musti ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil jakarta selatan, which is lokasinya di Jalan Radio sono ...
Ya udin, gue bilang aja dibetulin dulu data gue en bini gue, lalu doi ngasih selembar form dan misahin berkas-berkas yang diperluin untuk ke kantor DISDUKCAPIL JAKSEL :
Berhubung untuk ngurus dokumen di kantor Disdukcapil itu perlu Kartu Keluarga, dan dikarenakan ada perubahan data, maka si petugas kelurahan tadi ngeprint DRAFT Kartu Keluarga (bukan Kartu Keluarga asli)
Lalu gue keluar ruangan dan ketemu bini en anak gue di depan kantor kelurahan.
Ga Pake Lama, kita langsung cabs ke kantor Disdukcapil Jaksel betiga naek motor matic dan tak lupa minjem helem dulu ke tetangga karena gue cuma bawa helem satu.
Selama kurang lebih 55 menit perjalanan naek motor matic ke kantor Disdukcapil, sampailah kita di tempat tujuan, kira kira pukul 11.34 WIB.
Motor gue parkirin di basement, lalu kita ke lantai dasar kantor Disdukcapil Jaksel.
5. Di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Masuk ke dalem gedung ini, gue langsung ke pak satpam yang emang nanya gue mau kemana dan gue kasih tau kalo gue mau ngerubah data.
Lalu pak satpam yang baik hati itu, ngasih sebuah form dan nomor antrian, kebetulan nomer antrian gue D098 dan nunggu dua nomer sebelum gue :
Lalu gue isilah form di atas sesuai dengan data domisili gue sekarang, dan gue tulis "Untuk permohonan proses perubahan data Kartu Keluarga".
Ga lama emang nomer antrian gue dipanggil di loket 4 lalu gue disapa oleh embak embak yang bertugas di loket 4.
Gue kasih tau tujuan gue dan gue kasih berkas gue yang udah dipisahin dari kantor kelurahan.
Gue dikasih tau sama si embak, bahwa seharusnya perubahan data ini bisa dilakukan di kantor Disdukcapil Tangerang Selatan, tapi gue akui, pelayanan si embak memuaskan banged (eh jangan piktor dong ;) ) dan doi mau ngelakuin proses perubahan data.
Gue dikasih beberapa form yang musti gue isi :
Surat Permohonan Perubahan Data
Biodata Pendukung WNI
Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan
(Formulir F-1.05)
Di formulir F-1.05, di bagian perubahannya gue isi :
1. Penulisan nama gue sesuai dengan Akte Kelahiran gue.
2. Penulisan kota lahir gue dari Jakarta menjadi Jakarta Selatan.
3. Pembetulan tahun kelahiran bini gue.
Berhubung udah mau pukul 12.00 WIB, maka si embak mempersilahkan gue untuk ngisi formulir tadi dan diserahkan setelah pukul 13.00 WIB
Ketiga formulir di atas ditulis tangan lalu ditandatangani, kecuali untuk formulir F-1.05, tanda tangan kita di atas meterai Rp. 6.000.
Ketiga formulir di atas, setelah diisi, lalu difotokopi sebanyak satu rangkap, dimana kopian satu rangkap itu nantinya akan kita serahkan ke kantor kelurahan.
Oh iya, tarif fotokopi di deket kantor disdukcapil Jaksel lumayan mahal .. untuk satu permukaan ukuran A4 itu dihargai Rp. 400 / lembar ...
Yo wes, selagi nunggu pukul 13.00 WIB, gue-bini gue-anak gue makan siang dulu di deket kantor Disdukcapil Jaksel. Makan siangnya bakmi malang + es krim, hahahahha.
Pukul 13.00 WIB gue-bini gue-anak gue balik ke dalem gedung Disdukcapil dan kebetulan si embak yang tadi juga baru kelar istirahat, langsung gue samperin deh ke mejanya dan gue serahin semua berkasnya.
Setelah berkas gue dicek ulang, lalu si embak petugas klarifikasi ulang data gue en bini gue.
Setelah itu, si embak nulis di formulir yang tadi dikasih sama pak satpam, bahwa perubahan data di Kartu Keluarga gue udah aktif.
Lalu pulanglah kita bertiga naek motor matic ke kantor kelurahan dan panas-panasan di jalanan jakarta yang puanas puol (anak gue jadi keling dah).
6. Kembali ke Kantor Kelurahan Domisili Sekarang
Sebelum sampe ke kantor kelurahan, gue mampir dulu balikin helem pinjeman ke tetangga, lalu capcus ke kantor kelurahan.
Sampe di kantor kelurahan sekitar pukul 14.00 WIB, parkir motor, masuk ke dalem gedung dan ngambil nomer antrian lagi.
Rupanya kalo udah lewat pukul 13.00 WIB, warga yang mau ngurus di kelurahan itu buanyak adza.
Pas giliran nomer antrian gue dipanggil, gue ke meja pelayanan dan gue kasih tau kalo gue udah dari kantor Disdukcapil ngerubah data gue en bini gue.
Lalu si emak emak petugas itu ngambil berkas gue en gue diminta duduk lagi ke kursi antrian.
Lumayan lama nunggu kali ini, sekitar pukul 14.45 WIB nama gue dipanggil untuk masuk ke ruangan di dalem yang tadi.
Masuk lah gue-bini gue-anak gue ke dalem untuk verifikasi data lagi.
Dan ternyata, nama orangtua bini gue itu belum ada di data Kartu Keluarga Jakarta gue, ternyata dari data Kartu Keluarga Tangerang Selatan emang ga ditulis, what the ..
Lalu si embak petugas kelurahan nanya apakah ada bukti tertulis yang menyatakan nama kedua orangtua bini gue dan gue inget, di fotokopi surat nikah secara gereja katolik ditulis dengan jelas nama kedua orangtua mempelai dan untungnya gue bawa tuh fotokopi surat nikah gereja en gue serahin ke petugas kelurahan yang verifikasi data gue.
Tapi bini gue diminta buat Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa benar nama kedua orangtuanya itu sesuai dengan di Surat Kawin Gereja Katolik.
Formulir Surat Pernyataan sudah disediakan di kantor kelurahan, tinggal diisi doang.
Surat Pernyataan itu ditanda tangani bini gue di atas meterai Rp. 6.000
Selesai masalah nama orangtua bini gue, lalu nyocokin kolom agama ...
By default, agama gue en bini gue itu KRISTEN, bukan KATOLIK.
Jadi kalo mau ngerubah data agama dari KRISTEN ke KATOLIK itu diperlukan Surat Baptis dan kebetulan gue bawa fotokopi Surat Baptis gue en bini gue.
Anak gue belum dibaptis karena mau gue ikutin sekolah minggu biar ngeksis di gereja, gitchuuuu :)
Si petugas kelurahan agak bingung karena nama gue di Akta Kelahiran ga ada nama baptisnya sedangkan di ijazah dan di semua surat kawin itu make nama baptis gue, lalu gue bilang aja supaya disamakan dengan nama di Akta Kelahiran, karena paspor gue make nama sesuai di Akta Kelahiran.
Ngurus perubahan nama di Akta Kelahiran itu perlu proses pengadilan negeri, which is beda kisah T.T
Okay, nama orangtua bini udah clear, agama clear, penulisan nama gue clear, penulisan alamat sekarang udah sesuai, tahun lahir bini udah cucok, e-KTP lama ditanya sama petugasnya ... SYIET!!
Gue ga bawa e-KTP tangsel dan si mbak petugas dengan baik hati nyetak Kartu Keluarga gue dan ngasih tau kalo besok pagi gue dateng lagi sambil bawa e-KTP lama supaya dibuatkan Surat Bukti Perekaman KTP Elektronik (orang kelurahan bilangnya SUKET).
Setelah gue terima Kartu Keluarga Jakarta gue, gue-bini gue-anak gue undur diri dari kantor kelurahan.
Kartu Keluarga gue masih harus gue tandatangani, lalu ditandatangani Ketua RT gue, dan kembali ke kantor kelurahan untuk dicap Pak Lurah.
Gue liat waktu di jam tangan gue : 15.45 WIB
Ya udin lah, hari ini udah jalan-jalan, keluar duid buat makan siang, beli meterai, fotokopi, bayar parkir motor. Tapi biaya pengurusan totally gratis alias ga keluar duid sama sekali, good job PEMDA DKI *thumbs up.
Sampe rumah, anak gue maen sama anak tetangga, lalu sorenya berenang tuh bocah (kayanya kepanasan seharian naek motor, hahahahaha).
7. Kembali ke Kantor Kelurahan Domisili Sekarang (lagi)
Pasar Minggu, Rabu, 20 September 2017, Pukul 08.30 WIB
Gue en bini gue cabs ke kantor kelurahan lagi setelah nganterin anak kita sekolah dulu.
Sampe di kantor kelurahan, seperti biasa gue ngambil nomer antrian dan ga lama nomer antrian gue dipanggil.
Lalu gue kasih tau ke petugas kelurahan di meja pelayanannya, kalo gue mau ambil SUKET karena kemaren gue ga bawa e-KTP lama.
Gue keluarin e-KTP lama gue yang udah dibolongin dan gue kasih tau kalo bini gue belum punya e-KTP, karena dulu belum bikin e-KTP dan KTP bini gue dianggap sudah habis masa berlakunya (lihat Surat Pernyataan yang menyatakan kalo KTP bini gue habis masa berlakunya).
Lalu si petugas kelurahan nanya ke ruangan dalem, apakah bisa dibuatkan SUKET untuk bini gue.
Dan ternyata bisa, jadi menurut si emak petugas, karena bini gue belum melakukan perekaman data untuk e-KTP, maka perekaman datanya dilakukan di kantor kelurahan sekarang.
Difoto dengan bekgron merah (karena tahun kelahirannya ganjil) make baju warna merah ;)
Lalu tandatangan elektronik, diambil sidik jari elektronik, retina scan, canggih dah pokoknya.
Setelah proses perekaman data bini gue, ada dua lembar Surat Keterangan yang menerangkan bahwa sudah dilakukan proses perekaman data untuk e-KTP, nah itu yang petugas kelurahan sebut SUKET.
Setelah SUKET diberi cap kelurahan, satu lembar SUKET diambil kantor kelurahan dan satu lembar dibawa warga.
Jadi gue en bini gue nerima masing-masing satu lembar SUKET dan e-KTP lama gue dimusnahkan di kantor kelurahan sekarang.
Bini gue sempet nanya, kira-kira kapan KTP elektroniknya jadi ... you know what jawaban petugas kelurahan ...
"Ibu bisa cek setelah dua-tiga bulan lagi ke sini"
Gue cuma bisa ketawa dalam hati ... yah jelas lah lama jadinya, lah wong blanko nya aja abis dan masih bermasalah ;)
Tapi yang terpenting, keluarga kecil gue udah terdaftar jadi warga DKI Jakarta (lagi).
Segala kerepotan yang udah gue en bini gue tempuh sudah terbayarkan ...
Jadi gue ngebagi kisah kerepotan gue untuk yang mau pindah domisili antar propinsi dan segala kendala serta solusinya, hehehehe
Cheers
anjirr belabet juga ya, kesono kesininya...
BalasHapusYah gitu deh...
HapusKalo kantor kelurahan sama kecamatan deket deket, ngurus dari pagi sampe sebelom jam 12 siang kelar dah ;)
makasih mas, membantu banget 👍👍👍
BalasHapusIya mas punya saya juga belum jadi2 dah bolak balik pemda
BalasHapusRibet banget ya....itu yg bikin aku males ngurusnyaaaa
BalasHapusBoleh tau masa berlaku surat pindah dari Sumut ke Tangerang Selatan berapa lama ya? Terimakasih
BalasHapusKalau belum punya akte kelahiran surat pindahnya masih bisa d urus ga..
BalasHapus